Mau Membuat Game? Pakai Unity Aja

By. Teguh - 31 May 2023

Bagikan:
img

sistemnusantara - Unity adalah sebuah software atau aplikasi yang digunakan untuk membuat game. Unity berbasis Multi Platform, yang berarti aplikasi ini dapat beroperasi pada banyak sistem operasi dan sanggup membuat game ke dalam banyak format, misalnya seperti : exe, apk, dan lain-lain sebagainya. Bahkan tidak hanya game yang casual saja, dengan Unity kita juga bisa membuat game VR atau Virtual Reality.

 

Baca juga : Tombol Shortcut Windows yang Wajib Kamu Ketahui

Unity memiliki desain tampilan dan penggunaan yang mudah digunakan. Editor pada Unity dibuat dengan graphical user interface (GUI)  yang sangat sederhana. Unity adalah salah satu game engine yang di kembangkan oleh developer Unity Technologies untuk keperluan dalam membuat sebuah game di berbagai platform seperti window, Linux, Mac os, Android, ios, Playstation 3, Playstation 4, atau WebGl.

 

Unity menjadi salah satu aplikasi game engine terbaik, karena memiliki banyak fitur yang memudahkan kita untuk membuat sebuah game.


Sejarah Unity
Unity Technologies dibangun pertama kali pada tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Joachim Ante (CTO), dan Nicholas Francis (CCO), di kota Copenhagen, Denmark sesudah game pertama mereka yaitu GooBall, gagal lagi dalam meraih kesuksesan. Ketiganya menyadari pentingnya nilai dari sebuah mesin/engine dan juga tools dalam pengembangan game dan memiliki rencana untuk menciptakan sebuah mesin yang dapat digunakan oleh semua orang. 

 

Baca juga : Pentingnya Power Supply untuk Komputer

Pada tahun 2008, Unity melihat kebangkitan dari iPhone dan menjadi game engine pertama yang melaksanakan dukungan penuh pada platform iPhone tersebut. Unity kini digunakan oleh 53.1% developers (termasuk juga dengan mobile game developer) dengan ratusan gamenya yang telah dirilis baik untuk iOS maupun Android.

 

Pada tahun 2009, Unity mulai meluncurkan produk produk mereka secara gratis. Jumlah developer yang mendaftar melonjak drastis semenjak pengumumannya tersebut. Pada bulan April 2012, Unity mencapai popularitas yang sangat tinggi dengan bergabungnya lebih dari 1 juta developer.

 

Baca juga : Merawat Processor: Bagaimana Menghindari Overheating pada CPU Anda


Fungsi Unity

  1. Membuat Game
    Fungsi dasar Unity adalah untuk membuat dan mengembangkan game. Jenis game yang didukung dapat dalam bentuk grafis 2D atau 3D, sesuai dari developer dan juga platform akan digunakan.
     
  2. Augmented Reality (AR)
    Selain membuat game casual, Unity juga dapat digunakan untuk membuat Augmented Reality yang biasa disingkat menjadi AR. Teknologi AR adalah teknologi yang diprogram secara real time untuk menggabungkan dunia nyata dan juga digital dengan menggunakan sensor. Contohnya pada game Pokemon Go, dimana Anda harus melangkah atau bergerak di dunia nyata supaya dapat menggerakan karakternya.
     
  3. Virtual Reality (VR)
    Unity juga mampu membuat Virtual Reality atau VR. Teknologi VR sedikit mirip dengan AR, perbedaannya hanya Anda akan merasakan seolah masuk ke dalam dunia digital dengan menggunakan alat khusus yang digunakan seperti menggunakan kacamata dengan penglihatan lain

 

 (sumber ilustrasi gambar : https://dotnet.microsoft.com/en-us/apps/games/unity)








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp